Bagaimana Cara Mengatasi Anak Susah Makan?

Posted by Labels: at

Kondisi anak yang terus bertumbuh setiap hari terkadang membuat dia mengalami fase tidak bernafsu untuk mengonsumsi makanan. Timbulnya masalah ini bisa datang dari faktor luar ataupun dari dalam anak itu sendiri. Jika anak Anda mengalami hal tersebut, berikut cara mengatasi anak susah makan yang bisa Anda lakukan.

Memilih Menu Makan Sendiri
Jika anak Anda mulai kehilangan selera terhadap menu makanan yang Anda sajikan, cobalah untuk menawarkan ia untuk memilih sendiri menu makanan yang diinginkan. Cara ini menjadi cara efektif yang bisa dipraktekkan karena si kecil memilih sendiri, maka ia pasti sudah memikirkan menu tersebut jauh sebelum Anda menawarkan.

Sajikan Menu Berbeda Setiap Hari
Walaupun tidak harus terus-menerus mengganti sajian makanan yang ia konsumsi, namun memberikan mengolah bahan yang sama dengan cara yang berbeda akan membuat rasa yang ditimbulkan pun berbeda. Hal ini sangat berguna untuk mencegah anak dari rasa bosan pada jenis makanan tertentu.

Timbulkan Suasana Berbeda
Menawarkan makan pada anak dengan suasana yang berbeda bisa menjadi salah satu cara mengatasi anak susah makan. Kondisi ini akan lebih efektif saat perhatian dan fokus anak teralihkan, sehingga Anda bisa dengan mudah menyuapkan makanan tersebut ke dalam mulut si kecil.

Akan tetapi apabila si kecil sudah terbiasa untuk makan sendiri, maka Anda pun bisa mencoba mengajaknya makan di tengah taman agar ia bisa bersosialisasi dengan langsung dengan orang sekitar. Jika Anda kurang menyukai cara tersebut, Anda bisa mengajak si kecil untuk menonton tv atau film bersama sembari makan untuk mengalihkan perhatiannya.

Ajak Masak Bersama
Jika si kecil terbiasa makan sendiri karena jadwalnya yang berbeda dengan waktu Anda mengonsumsi makanan, maka cobalah untuk mengajak ia makan bersama. Bisa jadi anak yang tadinya tidak berselera makan kemudian akan tertarik dengan makanan yang Anda konsumsi dan bersedia makan bersama.

Siasati dengan Camilan Tinggi Kalori
Jika anak Anda benar-benar tidak ingin memakan makanan telah disediakan dan menolak tawaran apa pun yang Anda berikan, maka Anda pun bisa menyiasatinya dengan memberikan camilan tinggi kalori. Walaupun bukan makanan utama, namun camilan bisa menjadi solusi untuk menjaga kondisi tubuh si kecil tetap terjaga dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Berikan Pujian
Jangan lupa untuk memberikan pujian setiap ia menyelesaikan sesuatu, salah satunya ketika ia selesai makan. Di saat putra-putri Anda kehilangan selera makan dan mau memakan sedikit saja makanan yang Anda sajikan, maka hal tersebut merupakan suatu pencapaian yang besar. Anda perlu memberikannya pujian agar ia tetap semangat dan merasa dihargai.

Itulah cara mengatasi anak susah makan yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan informasi menarik serta tips parenting lainnya maka orami.co.id merupakan tempat yang tepat. Selain itu Anda juga bisa berbagai dan berdiskusi dengan sesama orang tua dalam forum khusus untuk semakin manambah wawasan.
Back to Top