Posted by : Nin Srut Friday, February 15, 2019


Biang keringat pada bayi dapat muncul akibat berbagai faktor tertentu mulai dari demam hingga banyak keringat. Selain itu biang keringat juga bisa timbul akibat pori-pori kulit tersumbat dan keringat tidak dapat keluar. Apakah si kecil juga sering mengalami masalah biang keringat. Bingung bagaimana mengatasinya? Berikut beberapa hal yang dapat mencegah biang keringat.

Hindari Udara Panas dan Lembap
Ternyata faktor udara atau suhu juga dapat memicu terjadinya masalah biang keringat pada bayi. Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya adalah dengan memindahkan si kecil ke ruangan yang sejuk atau teduh. Namun jika Anda menggunakan kipas angin atau AC, pastikan untuk tidak mengarahkannya langsung ke tubuh sang buah hati.

Tak hanya itu saja, jika Anda hendak pergi keluar rumah bersama sang buah hati, pastikan Anda juga membawa kipas dan topi untuknya. Selain itu pastikan juga si kecil minum cukup air putih. Pasalnya air putih bermanfaat untuk mengganti semua cairan yang keluar dari tubuh melalui keringat sekaligus menjaga bayi agar tidak dehidrasi.

Pakaian
Pakaian juga faktor yang perlu Anda perhatikan demi mencegah terjadinya masalah biang keringat pada sang buah hati. Pastikan Anda memilih pakaian yang terbuat dari serat alami untuk si kecil. bahan katun merupakan salah satu rekomendasi jenis kain yang tepat dipilih untuk pakaian sang buah hati.

Selain itu, pastikan juga hindari memilih pakaian yang terbuat dari bahan sintetis seperti nilon dan poliester. Mengapa? Pasalnya jenis kain tersebut tidak dapat menyerap panas. Gunakan juga pakaian yang agak longgar dan biarkan sesekali si kecil tidak menggunakan popok. Namun meskipun begitu tetap pastikan bahwa sang buah hati tidak merasa kedinginan.

Jangan Sering Digendong
Terlalu sering menggendong bayi ketika cuaca panas sangat tidak disarankan. Sebab hal yang satu ini akan memicu timbulnya biang keringat pada si kecil. Menggendong bayi saat cuaca panas akan membuat si kecil berhadapan dengan dua sumber panas yaitu panas cuaca dan suhu tubuh Anda. Untuk itu sebaiknya biarkan si kecil berbaring di ranjang untuk beristirahat.

Menjaga Kulit Tetap Sejuk
Salah satu cara tepat mengatasi biang keringat pada bayi adalah dengan mendinginkan kulit si kecil yang terkena biang keringat menggunakan kain basah yang sejuk. Atau bahkan Anda juga bisa memandikan si kecil dan biarkan kulitnya kering dengan sendirinya tanpa menggunakan handuk.

Gunakan Krim atau Lotion Hanya Bila Diperlukan
Apabila si kecil menangis ketika bagian permukaan tubuhnya bersentuhan dengan kulit Anda, maka oleskan lotion pada bagian tersebut. Namun jangan sampai mengoleskan pada kulit di dekat area mata ya. Jika biang keringat yang dialami si kecil cukup parah, Anda bisa menggunakan krim hidrokortison sesuai dengan anjuran dokter.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda lakukan sendiri di rumah demi mencegah terjadinya masalah biang keringat pada bayi. Ya biang keringat memang bisa hilang dengan sendirinya. Meski begitu jangan ragu untuk menemui dokter jika suhu si kecil lebih dari 38 derajat celcius dan ruam tidak kunjung hilang.

- Copyright © ewqome - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -