Tips Memilih Ukuran Barbel Plastik untuk Pemula

Posted by Labels: at

Barbel merupakan salah satu peralatan fitnes yang paling populer dan banyak digunakan di dunia. Fungsi dari barbel digunakan untuk membantu membentuk otot lengan. Nah, jika Anda adalah seorang pemula, maka Anda harus tahu tips memilih ukuran barbel yang akan digunakan.

Di bawah ini akan dibahas beberapa tips lengkap yang bisa Anda jadikan referensi untuk menentukan ukuran barbel yang cocok dengan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak di bawah ini.

Jenis-Jenis Barbel

Pada umumnya, jenis barbel dibagi menjadi 3. Hanya saja, di bawah ini yang akan dibahas adalah barbel dengan standar Olympic saja. sebab, jenis barbel ini yang paling banyak digunakan.

1. Man barbel

Untuk menemukan jenis barbel yang satu ini sangat mudah. Sebab, barbel jenis ini biasa digunakan pada pusat kebugaran. Pada umumnya, barbel yang satu ini memiliki berat hingga 20 kg dan panjang 2,2 m. Sedangkan shaftnya berukuran 1,31 m dengan diameter 28mm-29mm dan bagian sleeves yang digunakan untuk meletakkan plate sebesar 5 cm.

2. Woman barbel

Mengapa disebut dengan nama woman barbel? Hal ini karena menurut standar IWF ini adalah jenis barbel yang digunakan khusus untuk atlet wanita. Barbel yang satu ini memiliki berat hingga mencapai 15 kg dengan panjang 2.01 m.

Kemudian bagian shaftnya 1,31 m dengan diameter 25mm. Sedangkan untuk sleeves Nya sama dengan ukuran pada Man barbel. Barbel ini tentunya memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan dengan barbel pada pria. Karena itu, barbel ini jauh lebih nyaman saat digunakan oleh wanita.

Hanya saja, jenis barbel ini sangat jarang ditemukan di pusat kebugaran. Mungkin Anda hanya bisa menemukannya di tempat gym crossfit saja.

3. Training barbel

Ini adalah salah satu barbel yang memiliki ukuran 10 kg saja. Ia juga memiliki panjang 180 cm dengan diameter 25 mm dan shaft 1.31m. sedangkan bagian sleeves-nya sama dengan Man Barbel. Jenis barbel yang satu ini biasanya digunakan oleh para pemula yang baru saja mulai belajar weightlifting.

Barbel Berdasarkan Cara Penggunaannya

Jika dilihat dari cara menggunakannya, barbel ini dibagi menjadi dua jenis lagi. Kedua jenis ini adalah untuk penggunaan strength/general lifting dan Olympic Lifting.

- Olympic Lifting

Pada umumnya, barbel yang satu ini menggunakan bearing yang memiliki diameter 28mm dan knurling yang tidak terlalu panjang. Ada juga yang tidak memiliki center kliring atau bahkan center kliringnya jauh lebih halus dibandingkan dengan posisi grip.

Nah, no center kliring ini ternyata sangat membantu Anda untuk melakukan Clan and Jerk dan Front Squat. Sebab, ini adalah barbel yang nyaman untuk diletakkan di bagian undak ataupun leher.

- Strength/general training

Ini adalah jenis barbel Powerlifting/general Strength Training. Barbel ini hadir dalam bentuk barbel plastik dan barbel besi. Ia memiliki diameter sebesar 29 mm dan knurling yang jauh lebih besar.

Setiap jenis barbel di atas memiliki ukuran masing-masing sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda seorang pemula, ada baiknya mencoba barbel yang tidak terlalu besar terlebih dahulu. Sebab, Anda masih belum terbiasa dengan beban yang berat.

Ditakutkan juga akan terjadi cedera jika salah saat menggunakannya. Oleh sebab itu, dalam memilih barbel plastik untuk pemula di atas, pastikan Anda menanyakan pada instruktur fitnesnya terlebih dahulu.

Jangan pernah sok tahu dan langsung mencoba beragam alat yang ada di pusat kebugaran. Sebab, nantinya tidak akan ada manfaat yang Anda dapatkan. Semoga tips ini bermanfaat.
Back to Top